Sabtu, 29 Agustus 2020

E-Modul Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

 Yuk Belajar dengan E-Modul


Pembelajaran di era pandemi covid 19 merupakan sebuah tantangan yang mengasyikan bagi perancang dan perencana pembelajaran. Guru sebagai sebagai seorang perancang, perencana, dan sekaligus pelaksana pembelajaran dipaksa harus mampu menjadi seorang perancang pembelajaran yang menarik dan efektif. Tantangan tersebut tentu saja tidak bisa terlepas dari penguasaan teknologi informasi. Banyak platform pembelajaran berbasis online yang ditawarkan seperti edmodo, quiper, google classroom, google form, belum lagi layanan pembelajaran virtual seperti zoom, google meet, webex, dll. Semua platform yang ditawarkan tersebut menuntut guru untuk menguasainya terlebih dahulu sebelum mempergunakannya dalam pembelajaran dalam jaringan. Tentu saja sebaiknya kita memilih mana yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang kita ampu, atau sesuai dengan kemampuan kita.

Semua fasilitas di atas bisa dijalankan jika guru dan peserta didik terkoneksi dalam jaringan internet yang memerlukan kuota data internet (wifi).

Nah ada kalanya kita memberikan fasilitas belajar kepada peserta didik yang mengandung multimedia dan komunikastif tanpa harus menyediakan kuota data internet (offlline). E-modul menjadi jawabannya jika ingin belajar secara menarik penuh dengan multimedia, namun tidak memerlukan kuota data internet alias offline.

Peserta didik mempergunakan android mereka untuk membaca file emodul yang dikirim oleh guru. File emodul merupakan file epub yang bisa dibaca peserta didik jika mereka menginstal aplikasi supreader atau lithium epub reader melalui play store di androidnya. Nah, bagaimana kita sebagai guru membuat file epub tersebut, tentu saja banyak manual yang akan bisa menjelaskan hal tersebut. Secara sederhana guru bisa membuat emodul dengan memanfaatkan aplikasi Sigil.

Pada postingan ini saya hanya bermaksud untuk berbagi file epub untuk emodul yang saya buat. Ingin mencobanya silakan download file emodul berikut ini. Oh ya jangan lupa instal supreader atau lithium di android. Kalau mamu membuka di laptop atau PC, maka bisa memanfaatkan readium yang merupakan add on dari Chrome.


Contoh materi pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia kelas XII Bahasa dan Budaya:

1. Materi kohesi dan koherensi dalam paragraf (tautan: https://tinyurl.com/koherensi )
2. Materi penlisan makalah dalam diskusi (tautan: https://tinyurl.com/makalah1 )

Nah selamat mencoba!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Como Baixar