Minggu, 02 Oktober 2011

Argumentasi

Wacana Argumentasi
Tujuan : Agar pembaca menjadi yakin/percaya terhadap apa yang disampaikan oleh penulis.
Ciri-ciri : Merupakan pendapat atau opini penulis yang diperkuat dengan bukti atau fakta (bisa berupa data statistik atau kalimat referensi).
Contoh:
Kedisiplinan merupakan faktor mutlak penentu keberhasilan seseorang dalam meraih cita-cita yang telah dicanangkannya. Tanpa kedisiplinan dapat dipastikan tidak akan terjadi sebuah bentuk keberhasilan yang nyata. Salah satu faktor atau indikator bahwa seseorang memiliki kedisiplinan adalah tidak pernah mengalami keterlambatan dalam berbagai hal. Jika hal itu sudah bisa dilaksanakan, sangat mungkin seseorang akan dapat meraih cita-citanya. Banyak ahli psikologi yang mengatakan bahwa disiplin adalah kunci keberhasilan.
Tingkat kedisiplinan remaja dan pelajar dewasa ini, dapat dikatakan sangat memprihatinkan. Hal ini dapat diketahui dari tingkat keberhasilan siswa dalam menempuh pendidikannya yang hanya mencapai tingkat cukup memprihatinkan. Berdasarkan hal ini terdapat sebuah konsep yang menyebutkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara tingkat kedisiplinan dengan keberhasilan remaja dan pelajar. Semakin tinggi tingkat kedisiplinan dapat dikatakan semakin tinggi pula kemungkinan tingkat keberhasilan mereka. Prof. Wahab Sudiro Husodo (1990: 23) mengatakan bahwa keberhasilan pelajar sangat ditentukan oleh kedisiplinannya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa disiplin adalah kunci keberhasilan.

Daftar Pustaka
Husodo, Wahab Sudiro. 1990. Pengaruh Disiplin Tertib. Jakarta: Gramedia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Como Baixar