RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA Negeri 1 Turen
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X / 2
Materi Pokok :
Teks Prosedur Kompleks
Tema :
Proses Menjadi Warga Negara yang Baik
Alokasi waktu :
2 pertemuan (4 x 45 menit)
A.
Kompetensi Inti
KI
1 :
|
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnyadengan mematuhi norma-norma bahasa
Indonesia serta mensyukuri dan mengapresiasi keberadaan bahasa dan sastra
Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
|
KI
2 :
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan menunjukkan sikap pro-
aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
kehidupan sosial secara efektif dengan memiliki
sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia serta mempromosikan
penggunaan bahasa Indonesia dan mengapresiasi sastra Indonesia.
|
KI 3 :
|
Memahami , menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahu
tentang bahasa dan sastra Indonesia
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian bahasa dan sastra
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah ilmu
pengetahuan, teknologi, dan seni (ipteks).
|
KI
4 :
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak untuk
mengembangkanilmu bahasa dan sastra Indonesia secara mandiri dengan
menggunakan metode ilmiah sesuai kaidah keilmuan terkait.
|
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan
bangsa.
2.3 Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menunjukkan
tahapan dan langkah yang telah ditentukan.
3.1 Memahami struktur dan
kaidah teks prosedur kompleks baik melalui lisan maupun tulisan.
· Menentukan struktur isi yang tepat dari sebuah
teks prosedur kompleks.
· Memahami kaidah dan ciri-ciri bahasa dalam sebuah
teks prosedur kompleks.
· Memahami konjungsi
penambahan, perbandingan, waktu, dan sebab akibat dengan benar dalam teks.
4.1 Menginterpretasi makna teks prosedur kompleks
baik secara lisan maupun tulisan.
· Menjelaskan kata-kata atau istilah penting
yang terdapat sebuah teks prosedur kompleks
· Menunjukkan kata baku dan tidak baku yang berkaitan dengan langkah-langkah dalam teks prosedur kompleks.
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses menggali informasi melalui berbagai
fakta, menanya konsep, berdiskusi atas fakta dan konsep, menginterprestasi
mengasosiasi dan mengomunikasikan teks prosedur kompleks, siswa dapat:
1.
mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya
sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa,
2.
menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menunjukkan
tahapan dan langkah yang telah ditentukan,
3.
menentukan struktur isi yang tepat dari sebuah teks prosedur kompleks,
4.
memahami kaidah dan ciri-ciri bahasa dalam sebuah teks prosedur kompleks,
5.
memahami konjungsi penambahan, perbandingan, waktu, dan sebab akibat dengan
benar dalam teks,
6.
menjelaskan kata-kata atau istilah penting yang terdapat sebuah teks
prosedur kompleks, dan
7.
menunjukkan kata baku dan tidak baku
yang berkaitan dengan langkah-langkah dalam teks prosedur kompleks.
D. Materi Pembelajaran
Fakta
1.
Contoh teks prosedur kompleks
(terlampir).
Konsep
1. Pengenalan struktur isi teks
prosedur kompleks
Prosedur Kompleks: jenis teks yang berisi langkah-langkah yang
harus ditempuh untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Langkah-langkah itu
biasanya tidak dapat dibalik-balik, tetapi apabila teks prosedur mengandung
langkah-langkah yang dapat dibalik-balik, teks tersebut disebut protokol.
Struktur teksnya adalah tujuan yang akan dicapai dan langkah-langkah.
Prinsip
1.
Makna
kata, istilah dalam teks prosedur kompleks
2.
Kata-kata
baku dan tidak baku dalam teks prosedur komleks.
3.
Pengenalan
ciri bahasa teks prosedur kompleks
4.
Ciri bahasa yang dipergunakan dalam teks prosedur kompleks adalah bahasa
dengan mempergunakan kaidah baku dan komunikatif.
Prosedur
1.
Pemahaman isi teks prosedur kompleks.
E. Metode Pembelajaran
1.
inquiry, discovery learning
2.
diskusi
3.
eksperimen
F. Media, Alat, dan Sumber
Pembelajaran
1.
Media :
·
Internet
·
Laboratorium bahasa
·
Perpustakaan sekolah
2.
Alat/bahan
·
LCD, laptop
·
Teks Prosedur Kompleks
3.
Sumber Belajar
· Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik . 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
· aharianto8.blogspot.com
G. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan
1
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Awal
|
·
Siswa
merespon salam dan pertanyaan dari
guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
·
Siswa
menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·
Siswa
menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan
·
Apersepsi dan Motivasi.
·
Contoh teks prosedur kompleks
digunakan sebagai stimulan dengan sejumlah pertanyaan untuk memasuki kegiatan
ini (teks diserahkan pada guru untuk memilih)
|
15 menit
|
Isi
(kegiatan Inti)
|
Mengamati
·
Peserta
didik dibagi menjadi lima kelompok.
·
Peserta
didik membaca teks tentang struktur isi teks prosedur kompleks.
·
Peserta
didik membaca teks tentang kaidah dan ciri-ciri teks prosedur kompleks.
·
Memahami konjungsi penambahan,
perbandingan, waktu, dan sebab akibat dengan benar dalam teks.
Mempertanyakan
·
Peserta
didik bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan struktur isi teks.
·
Peserta
didik bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan kaidah dan ciri-ciri teks
prosedur kompleks.
Mengeksplorasi
·
Peserta
didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur
isi teks prosedur kompleks.
·
Peserta
didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang kaidah
dan ciri-ciri teks prosedur
kompleks.
·
Peserta didik
menemukan konjungsi penambahan, perbandingan, waktu, dan sebab akibat dengan
benar dalam teks.
Mengasosiasikan
·
Peserta didik
mendiskusikan tentang struktur isi teks prosedur kompleks berdasarkan teks
yang telah dibaca.
·
Peserta didik menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam struktur isi teks prosedur
kompleks.
·
Peserta didik
mendiskusikan tentang kaidah dan ciri-ciri teks prosedur kompleks berdasarkan teks yang telah
dibaca.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang struktur teks prosedur
kompleks.
·
Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang kaidah dan
ciri-ciri teks prosedur
kompleks dan
temuan konjungsi yang digunakan dalam teks tersebut.
·
Peserta didik membacakan
hasil kerja kelompok di depan kelas dan peserta didik lain memberikan
tanggapan.
|
70 menit
|
Penutup
|
·
Bersama peserta didik
menyimpulkan hasil diskusi berkaitan dengan struktur isi teks prosedur
kompleks.
·
Memberi tugas kepada
peserta didik untuk mencari contoh teks prosedur kompleks dari sumber lain.
|
10 menit
|
Pertemuan
2
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Awal
|
·
Siswa
merespon salam dan pertanyaan dari
guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
·
Siswa
menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·
Siswa
menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan
·
Apersepsi dan Motivasi.
Contoh
teks prosedur kompleks digunakan sebagai stimulan dengan sejumlah pertanyaan
untuk memasuki kegiatan ini (teks diserahkan pada guru untuk memilih)motivasi
|
15 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
·
Peserta didik dibagi menjadi lima kelompok.
·
Peserta didik membaca
sebuah teks prosedur
kompleks.
Mempertanyakan
·
Peserta
didik bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan kata-kata atau istilah
penting yang terdapat dalam teks prsedur kompeks.
·
Peserta
didik bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan kata-kata baku dan tidak
baku yang terdapat dalam teks prsedur kompeks.
Mengeksplorasi
·
Peserta didik
menemukan kata-kata dan istilah penting dalam teks prosedur kompleks.
·
Peserta didik
menemukan kata-kata baku dan tidak baku dalam teks prosedur kompleks.
Mengasosiasikan
·
Peserta didik
mendiskusikan hasil temuan kata-kata dan istilah penting serta kata-kata baku
dan tidak baku dalam teks prosedur kompleks berdasarkan teks yang telah
dibaca.
Mengomunikasikan
·
Peserta
didik membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas dan peserta didik
lain memberikan tanggapan.
|
70 menit
|
Penutup
|
·
Umpan balik antarsiswa,
antara siswa dengan guru tentang kata-kata dan istilah dalam teks prosedur
kompleks.
·
Penilaian performen,
lisan, kerja kelompok, pengamatan, sikap dilakukan dalam dan selama proses
kegiatan inti
|
5 menit
|
H.
Penilaian
1. Jenis/teknik penilaian
a.
Kompetensi
Sikap:
·
Observasi
·
Penilaian diri
b.
Kompetensi
Pengetahuan:
·
Tes tertulis
·
Tes lisan
c.
Kompetensi
Keterampilan:
·
Projek, dan
2.
Bentuk instrumen dan instrumen
3.
Pedoman penskoran
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Observasi (sikap)
|
Lembar pengamatan sikap dan observasi
diri siswa.
|
Tes Tulis (pengetahuan)
|
Tes uraian, menemukan
struktur isi, kaidah, ciri kebahasaan, dan kata/istilah baku dan tidak baku
dalam teks.
|
Tes Praktik-Proyek
(keterampilan)
|
Menemukan kata dan istillah penting, kata-kata baku dan
tidak baku dalam teks.
|
Rubrik
Instrumen
a.
Peniaian
Sikap
Contoh Format Lembar Pengamatan Sikap Peserta Didik
LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : X / MIA
Kompetensi : Teks Prosedur Kompleks
Materi : ..............................................
No
|
Nama Siswa
|
Sikap Pribadi
|
Sikap Ilmiah
|
Jml
Skor
|
Nilai
|
||||
Jujur
|
Displ
|
Tgjwb
|
Kritis
|
Objek
|
Tolr
|
||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
||||
1.
1.
|
|||||||||
2.
2.
|
|||||||||
3.
3.
|
|||||||||
4.
4.
|
|||||||||
5.
5.
|
Keterangan pengisian skor
4. Sangat baik
3. Baik
2. cukup
1. Kurang
Contoh
Instrumen
Lembar
Pengamatan Sikap
No.
|
Aspek
|
Skor
|
Catatan
·
Skor
3 jika memenuhi 3 deskriptor
·
Skor
2 jika hanya memenuhi 2 deskriptor
·
Skor
1 jika hanya memenuhi 1 deskriptor
|
||
1
|
2
|
3
|
|||
1.
|
Kesantunan
dalam menggunakan bahasa Indonesia
|
Rubrik
Penilaian Sikap
No.
|
Aspek
|
Deskriptor
|
1.
|
Kesantunan dalam menggunakan bahasa Indonesia
|
1.
Kalimat yang digunakan komunikatif
2.
Pilihan kata yang digunakan dalam diskusi
menggunakan kata-kata halus seperti tolong, saya harap, menurut pendapat
saya, dsb.
3.
Sebelum
memberi tanggapan/menyela terlebih dahulu meminta kesempatan kepada ketua
kelompok/moderator
|
Tes
Uraian
1.
Bacalah teks prosedur
kompleks berikut! (disediakan oleh guru)
2.
Tentukan struktur isi
dari teks prosedur kompleks tersebut!
3.
Temukan kata-kata
tidak baku yang terdapat dalam teks prosedur kompleks tersebut!
4.
Temukan konjungsi
yang dipergunakan dalam teks prosedur kompleks tersebut!
5.
Jelaskan kata-kata
dan istilah penting yang terdapat dalam teks prosedur komplek tersebut!
Tes
Praktik-Proyek
1.
Pilihlah salah satu teks prosedur kompleks yang terdapat dalam media massa
atau internet!
2.
Daftarlah kata-kata/istilah penting yang terdapat dalam teks prosedur
kompleks tersebut!
3.
Temukan kata-kata tidak baku dalam teks prosedur kompleks tersebut!
4.
Temukan konjungsi yang dipergunakan dalam teks tersebut!
5.
Pergunakan tabel di bawah ini untuk mengerjakan tugas proyek ini!
Tabel 1: Interprestasi Makna
Kata/Istilah
Judul Teks Prosedur Kompleks : .......................................................................
Sumber : .......................................................................
Penulis : .......................................................................
No.
|
Kata/Istilah
|
Interpretasi
Makna
|
Tabel 2: Daftar Kata Tidak Baku
Judul Teks Prosedur Kompleks : .......................................................................
Sumber : .......................................................................
Penulis : .......................................................................
No.
|
Kata
Tidak Baku
|
Seharusnya
(Baku)
|
Tabel 3: Daftar Konjungsi
Judul Teks Prosedur Kompleks : .......................................................................
Sumber : .......................................................................
Penulis : .......................................................................
No.
|
Konjungsi
|
Jenis
Konjungsi
|
Hubungan
|
1.
|
|||
2.
|
|||
3.
|
|||
4.
|
|||
5.
|
|||
6.
|
Kunci Jawab dan Pedoman Penskoran
Kunci Jawab
1.
Struktur isi teks prosedur
kompleks:
a.
tujuan yang akan dicapai
b.
langkah-langkah
2.
Kata-kata tidak baku dalam teks.
No.
|
Kata Tidak Baku
|
Seharusnya (Baku)
|
No.
|
Kata Tidak Baku
|
Seharusnya (Baku)
|
1.
|
ijin
|
izin
|
7.
|
photocopy
|
fotokopi
|
2.
|
agar supaya
|
agar/supaya
|
8.
|
parker
|
parkir
|
3.
|
anda
|
Anda
|
9.
|
berapa langkah-langkah
|
beberapa langkah
|
4.
|
trampil
|
Terampil
|
|||
5.
|
Rp.
|
Rp
|
10.
|
antrian
|
Antrean
|
6.
|
praktek
|
praktik
|
3.
Konjungsi yang dipergunakan:
No.
|
Konjungsi
|
Jenis
Konjungsi
|
Hubungan
|
1.
|
dan
|
koordinatif
|
penambahan
|
2.
|
untuk
|
koordinatif
|
tujuan
|
3.
|
dengan
|
subordinatif
|
cara
|
4.
|
atau
|
koordinatif
|
pemilihan
|
5.
|
bahkan
|
subordinatif
|
penegasan
|
6.
|
karena
|
subordinatif
|
penyebaban
|
4.
Kata-kata/istilah penting dalam
teks
No.
|
Kata/Istilah
|
Interpretasi Makna
|
1.
|
SIM
|
Surat Izin Mengemudi
|
2.
|
kompleks
|
1 mengandung beberapa unsur yg pelik, rumit, sulit, dan
saling berhubungan: masalah yg dihadapinya sangat -- dan sulit dipecahkan; 2
sistem gagasan yg tertekan atau dikuasai oleh emosi sehingga dapat
menimbulkan tingkah laku yg tidak wajar;
|
3.
|
fotokopi
|
hasil reproduksi (penggandaan) fotografis thd barang cetakan
(tulisan);
|
4.
|
prosedur
|
1 tahap kegiatan untuk
menyelesaikan suatu aktivitas; 2 metode langkah demi langkah secara pasti dl
memecahkan suatu masalah;
|
Pedoman Penskoran
No. Soal
|
Kriteria
Penskoran
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Struktur isi teks prosedur kompleks:
a.
tujuan yang akan dicapai, dan
b.
langkah-langkah
|
||||
1.
lengkap dan benar
2.
menyebutkan satu benar
3.
menyebutkan salah
4.
tidak menyebutkan
|
P
|
P
|
P
|
P
|
|
2.
|
1. menemukan 7-10
2. menemukan 4-6
3. menemukan 2-3
4. menemukan 1
|
P
|
P
|
P
|
P
|
3.
|
1. menemukan dan menjelaskan 4 kata
2. menemukan dan menjelaskan 3 kata
3. menemukan dan menjelaskan 2 kata
4. menemukan dan menjelaskan 1 kata
|
P
|
P
|
P
|
P
|
Rumus Penskoran:
Turen,
25 Agustus 2013
Kepala
SMA Negeri 1 Turen, Guru
Mata Pelajaran,
Drs.
Ibnu Harsoyo Agus
Harianto, M.Pd.
NIP
19620327 198603 1 007 NIP
19700827 200501 1 007
Lampiran Teks Prosedur Kompleks
CARA MENGURUS SURAT IJIN
MENGEMUDI (SIM)
Pernahkah Anda mengurus surat ijin mengemudi (SIM), misalnya SIM C? Mengurus SIM tentu memerlukan
waktu dan biaya. Tulisan ini bertujuan untuk berbagi pengalaman dalam mengurus
SIM C dengan jalan yang benar. Tulisan ini akan bermanfaat bagi para pengendara
sepeda motor yang belum mempunyai SIM C. Manfaat yang diperoleh adalah
bagaimana menghemat biaya dan waktu, bagaimana bisa memastikan diri lulus ujian
SIM C, dan bagaimana menjawab soal ujian SIM C dengan benar. Tulisan ini juga
dimaksudkan agar supaya Anda mampu
mengurus SIM sampai selesai dalam satu hari.
Dikatakan kompleks karena
langkah-langkah yang ada hanya akan dapat dilaksanakan dengan memenuhi berbagai
syarat.
Syarat-Syarat Administrasi
Berikut adalah dua syarat yang penting untuk disiapkan:
(1) Fotokopi KTP 1 lembar
Penting juga anda biasakan untuk selalu menyiapkan fotokopi KTP di dompet.
(2) Uang
Biaya total per April 2012 adalah Rp120.000,00 (yang diperinci
menjadi Rp.20.000,00 untuk
cek kesehatan dan Rp.100.000,00
untuk biaya pembuatan SIM).
Biaya lainnya tidak ada, tetapi hendaknya anda membawa uang lebih (misalnya Rp.150.000,00 untuk berbagai hal yang bersifat pribadi). Uang sejumlah
itu sudah cukup berdasarkan pengalaman untuk hari tersebut. Anda yang berada di
daerah lain bisa jadi uang yang diperlukan lebih kecil atau lebih besar.
Silakan bertanya terlebih dahulu ke polres setempat atau mencari informasi.
(3) Syarat Pribadi
Berikut ini beberapa syarat pribadi yang harus dipenuhi.
(a) Berumur minimal 17 tahun
Yang belum berumur 17 tahun jangan berharap dapat mengajukan
permohonan SIM.
(b) Trampil mengendarai sepeda motor
Polisi penguji menyatakan bahwa orang yang pengalaman mengendarai
sepeda motor kurang dari 1 tahun sering
gagal dalam ujian. Bahkan, ada peserta ujian yang menabrak pagar waktu menempuh
ujian.
(c) Sehat, jernih, dan tenang
Anda datang ke tempat ujian dengan badan yang sehat, pikiran yang
jernih, dan hati yang tenang.
(d) Jangan merasa hebat
Walaupun sudah bertahun-tahun mengendarai sepeda motor, bahkan
banyak tempat sudah dijelajahi, belum tentu anda lulus tes pada
hari itu juga.
(e) Harus tahu diri
Belum tentu anda lulus pada
hari itu apabila Anda datang ke tempat ujian SIM C tanpa persiapan yang cukup.
Tahu diri itu penting karena Anda harus menempuh ujian praktik dan ujian teori.
Bahkan, di beberapa daerah diterapkan uji jalan raya dengan motor
masing-masing.
Sama halnya di instansi lain, ketika seseorang akan membuat surat,
seperti SIM C, ia pasti harus menempuh prosedur atau urutan langkah yang ada.
Berikut ini
beberapa langkah-langkah
yang perlu diikuti.
(1) Saat Anda
memasuki pintu gerbang polres, siapkan KTP asli untuk diserahkan ke polisi
jaga. Anda cukup membawa photocopynya saja. Di
polres lain, mungkin tidak diterapkan aturan ini. Silakan ikuti aturan masuk
lingkungan polres setempat.
(2) Masukkan semua berkas ke dalamnya dan ikuti petunjuk di loket
itu.
(3) Dari tempat
parkir dengan membawa membawa photocopy
KTP, Anda langsung menuju ke pos pemeriksaan kesehatan. Petugas akan memeriksa
mata, tensi darah, berat badan, dan tinggi badan. Untuk itu, Anda membayar Rp. 20.000,00. Setelah itu, Anda akan mendapat surat keterangan
kesehatan.
(4) Bawalah
surat itu dan photocopy KTP
ke loket pendaftaran SIM baru. Ikuti antrian. Jika ada
tumpukan map satlantas yang tersedia, ambillah satu karena memang disediakan
untuk pengurus SIM.
(5) Parkerkan
motor atau mobil anda di tempat
yang disediakan.
Serahkan berkas-berkas itu ke
petugas yang ada. Dia akan berkata, “Tunggu di tempat ujian praktik”. Di
sebagian tempat, polres mendahulukan ujian praktek, setelah
lulus, Anda mengikuti ujian teori. Setelah lulus, anda menempuh
proses berikutnya.
CATATAN:
Urutan tersebut mungkin berbeda di setiap polres. Anda dapat
mencari informasi tentang prosedur mengurus SIM baru di polres setempat. Khusus
untuk SIM C, di daerah lain pembuat SIM baru harus mengikuti 3 ujian, yaitu
ujian praktek,
ujian jalan raya, dan ujian tulis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar